Jumat, 22 April 2016

#ERPT07F UTS Transaksi/Struk/Nota, Analisis Proses Bisnis, dan Kekurangannya

ini adalah struk belanja Kitty di Bread Life yang akan Kitty analisis:



Analisis Proses Bisnisnya dari atas-kebawah:
1. Tulisan Bread Life menunjukkan identitas nama dari toko atau store 
2. Pejaten Villange; #LG-L02 menunjukkan alamat dan posisi store, alamatnya yaitu  terletak di Pejaten Village, lantai LG yaitu Lower Ground dan nomor L02
3. Kembangan Selatan Jakarta Barat, 1160 saya kurang tau ini adalah alamat apa, jika tidak diperlukan alamat ini dapat dihapuskan 
4. Nomor NPWP : hal ini penting adanya untuk menunjukkan suatu instansi atau toko adalah taat hukum dengan memiliki NPWP dan merupakan instansi wajib pajak. Hal ini diperlukan juga jika suatu store ingin membuka cabangnya di suatu mall. Selain itu, juga merupakan bukti atau landasan hukum jika customer dikenakan pajak 10%
5. Pax 1 : menunjukkan yang terbeli dalam satu transaksi adalah satu pax 
6. Ika Marlina merupakan identitas dari kasir Bread Life yang melayani customernya, hal ini menjadi penting untuk mengetahui dan mengetrace jika suatu saat terjadi kekeliruan atau kecurangan transaksi 
7.Pos Title : Cashier 2 menunjukkan jika transaksi terjadi di cashier dua, hal ini penting untuk mengetahui mesin kasir mana yang mencatat transaksi, sehingga ketika terjadi error dapat dideteksi 
8. Tanggal dan Waktu : Hal ini menunjukkan tanggal dan waktu transaksi yang menunjukkan waktu yang real time ketika struk ini tercetak, sehingga setiap transaksi yang terjadi dapat termonitor oleh Bread Life pusat 
9. Item Pembelian : disini menunjukkan item apa saja yang terbeli beserta amount atau jumlah tiap itemnya, kemudian dicocokkan dengan master data terkait harga per-item baranggnya 
10. Total yang harus dibayar : merupakan penjumlahan dari seluruh harga item yang dibeli dikalikan dengan harga masing-masing item. 
11. 100 ribu adalah uang yang dikeluarkan customer untuk membayar 
12.Change : adalah uang kembalian yang harus dikembalikan ke customer, diperoleh jadi pengurangan dari uang yang diberikan customer untuk membayar dikurangi jumlah yang harus terbayar 
13. Closed Bill menunjukkan waktu dimana transaksi telah selesai
14. Keterangan "Help Us to Serve You Better" : hal ini menunjukkan Bread Life sangat welcome dan terbuka untuk mendengarkan suara pelanggannya, selain itu juga untuk improvement product maupun sistem dari bread life.
Demikian review Proses Bisnisnya, 

Menurut saya kekurangannya ada pada : 
1. Tulisan jumlah nominal uang customer harusnya tidak ditulis 100 ribu, sebaiknya tetap ditulis nominal seluruhnya yaitu :100.000. Hal ini dikarenakan dimungkinkan seorang pelanggan membayar dengan uang pecahan ribuan atau ratusan rupiah. 
2. Besaran PPN % harusnya terhitung dalam nota/struk setelah perhitungan jumlah total, tidak embeded didalam harga product. Agar customer mengetahui secara pasti harga asli per item product, bisa jadi untuk kepentingan komparasi produk lain  

Kesimpulan : 
Analisis proses bread life sudah baik, sistemnya telah bisa mendeteksi transaksi secara real time, siapa yang melayani transaksi, dan menggunakan mesin yang mana untuk setiap transaksinya. Bahkan Bread Life memanfaatkan struk nya untuk mendengarkan suara pelanggannya, agar Bread Life dapat terus melakukan penyempurnaan. Namun, yang masih perlu ditambahkan adalah besaran PPN % dan penulisan nominal uang dari pelanggan.

Sekian, Terimakasih 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar