Kamis, 16 Juni 2016

#ERPT09A UAS Transaksi dalam Kelompok Sesuai dengan Modul/Fungsinya

Soreeee.... kali ini Kitty mau upload transaksi kitty untuk modul Purchase 

Skenario : Berlatarbelakang dari kondisi perekonomian global yang dinamis, PT BMS dipandang perlu untuk memiliki produk sebuah Tabungan Bisnis untuk balancing keuangan BMS dimasa mendatang dan untuk investasi. Dalam hal ini, yang menjual produk Tabungan Bisnis adalah PT Bank Zamrud Indonesia. 

Dalam kesempatan ini akan dijelaskan tahapan transaksi yang dilakukan antar Perusahaan. Contoh diberikan transaksi antara Perusahaan PT BMS dengan BANK ZAMRUD INDONESIA

Dalam hal ini PT BMS sebagai Customer (komunikasi diperankan oleh Purchasing Manager) dengan  BANK ZAMRUD INDONESIA (diwakili atau diperankan oleh Sales Manager).

Secara sederhana tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut

1. PT BMS menerbitkan REQUEST FOR QUOTATION (RFQ)    
2. BANK ZAMRUD INDONESIA (BZI) menerima RFQ, dan kemudian menerbitkan QUOTATION 
3. PT BMS menerima QUOTATION dan jika sudah dilakukan negosiasi dan sepakat atas harga yang ditawarkan, selanjutnya PT BMS menerbitkan PURCHASING ORDER (PO)
4. PO diterima BZI
5.Seharusnya BZI melakukan pengiriman Barang (DELEVERY ORDER /DO), tapi dalam hal ini karena penjualan yang dilakukan adalah tabungan bank maka tidak ada DO, melainkan Sales BZI menerbitkan Sales Order.
6.Setelah disepakati perihal Produk yang dikirim atau dalam hal ini produk perbankan (tabungan), maka dan diterima oleh PT BMS, maka BZI menerbitkan INVOICE kepada PT BMS, untuk selanjutnya bertransaksi pembayaran jumlah minimum tabungan deposito bisnis sebesar 2 juta rupiah
7. Terakhir PT BMS melakukan penyetoran tabungan deposito dan BZI melakukan konfirmasi .

untuk Vidio dapat didonlot DISINI
untuk versi WORD dapat didonlot DISINI
untuk versi PDF dapat didonlot DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar